18 Peluang Usaha dan Bisnis Mahasiswa Terbaik 2015

Bisnis Mahasiswa - Saat kita menjadi mahasiswa banyak sekali hal yang kita pelajari baik di ruang lingkup kampus atau di luar kampus atau pelajaran yang kita dapat dari kampus. Tentunya hal tersebut bisa kita dapat secara langsung atau secara tidak langsung, karena setiap pembelajaran bisa di serap secara berbeda untuk setiap mahasiswa.

Selain kita mempunyai kesibukan yang kita dapat dari kampus, ternyata kampus merupakan sebuah tempat untuk kita belajar membuka bisnis atau peluang usaha untuk kita sendiri. Maka di kampus kita tidak melulu belajar materi yang ada di kampus, akan tetapi kampus juga bisa kita jadikan untuk kita memulai merintis bisnis mahasiswa mulai dari nol.


Banyak sekali bisnis untuk mahasiswa yang bisa kita coba, mulai dari bisnis mahasiswa tanpa modal hingga bisnis mahasiswa yang membutuhkan modal cukup besar. Peluang usaha mahasiswa ini bisa di jadikan sebagai bisnis yang benar-benar di dalami atau hanya sebagai bisnis sampingan mahasiswa saja.

Nah pada kesempatan kali ini ayodeal.blogspot.com akan mengajak anda untuk membahas tentang bisnis yang cocok untuk mahasiswa dan beberapa jenis usaha mahasiswa. Setidaknya akan ada beberapa peluang bisnis bagi mahasiswa yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Peluang bisnis mahasiswa yang akan kita bahas kali ini terdiri dari bisnis online mahasiswa hingga bisnis yang di jalankan secara nyata. Nah, kini saatnya kita membahas tentang peluang bisnis untuk mahasiswa yang paling baru dan terbaik, setidaknya ide bisnis mahasiswa ini sangat layak untuk di coba oleh para mahasiswa atau mahasiswi.

Kumpulan Ide Bisnis Mahasiswa Terbaik dan Terbaru 2015

  1. Bisnis Kursus Private
Ide bisnis mahasiswa tanpa modal yang pertama adalah bisnis kursus private yang mana di sini adalah sebuah bisnis mahasiswa yang menuntut orang yang menjalankannya mempunyai keterampilan. Misalkan saja anda mempunyai keterampilan atau pengetahuan tentang matematika, maka anda bisa membuka bisnis kursus mata pelajaran matematika.

Biasanya bisnis ini akan sangat laris apabila anda sedang akan di adakannya unas, maka anak-anak akan banyak yang kursus mata pelajaran yang di ujikan secara nasional. Tentu saja hal ini bisa menjadi ladang emas untuk kita yang mencoba bisnis mahasiswa tanpa modal kursus private.
  1. Bisnis Jualan Barang Bekas
Bisnis sampingan mahasiswa yang selanjutnya adalah sebuah bisnis yang mana kita di wajibkan bagi kita yang menjalankannya untuk pandai-pandai berdagang secara cermat. Karena barang yang kita jual dalam bisnis sampingan mahasiswa kali ini adalah barang bekas yang notabenenya adalah barang yang biasanya di anggap remeh oleh banyak orang.

Padahal barang bekas ini bisa menjadi barang yang mempunyai nilai berarti apabila kita pasarkan pada orang yang benar-benar membutuhkannya. Kita kulakan barang di pasar barang bekas, kemudian kita jual ulang pada teman-teman kita yang ada di kampus. (Baca Juga : Membuka Lesehan Warung Kopi Sangat Menguntungkan)
  1. Jasa Foto dan Video
Bisnis sampingan untuk mahasiswa yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang berhubungan dengan hobi. Tentu saja jika hobi bisa menjadi sebuah bisnis maka akan sangat menyenangkan bukan? Contoh hobi yang bisa menjadi ladang emas adalah fotografi dan juga video.

Banyak orang yang suka di foto dan di rekam, sehingga hasilnya akan menjadi memori yang di abadikan dan bisa di nikmati setiap saat. Tentu saja bisnis bagi mahasiswa ini sangat berpotensi besar jika di lakukan dengan baik dan juga manajemennya bagus.
  1. Bisnis Hiburan Musik
Pada bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang ke empat ini adalah sebuah contoh bisnis mahasiswa yang mana dalam bisnis ini anda di tuntut untuk menguasai salah satu alat musik dan menjadi penghibur di cafe-cafe yang menyediakan fasilitas full music bagi para pengunjungnya.

Atau jika anda hobi nge-band maka mungkin bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini bisa menjadi salah satu bisnis sampingan yang cukup menambah penuh kantong anda. Anda bisa memulai untuk mengumpulkan personil band anda dan selanjutnya anda bisa tampil untuk langkah awal di cafe-cafe.
  1. Jasa Penulis
Untuk bisnis bisnis online mahasiswa yang berikutnya adalah anda bisa menjadi seorang penulis jika memang anda mempunyai passion di situ. Saat ini bisnis mahasiswa menjadi penulis online juga sangat ramai, jadi anda bisa mencoba menjadi kontributor sebuah situs online.

Anda juga bisa membuka jasa penulisan secara online, kemudian anda bisa mempromosikan bisnis mahasiswa jasa penulis di sosial media dan forum-forum. Jika di rasa tulisan anda enak untuk di baca oleh manusia dan mesin pencari google, mungkin para pelanggan akan memberi nilai plus untuk bisnis online untuk mahasiswa anda.
  1. Jasa Desain Grafis
Ide bisnis mahasiswa modal kecil yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang menuntut ketramilan anda dalam mengoperasikan sebuah software seperti photoshop atau gimp untuk melakukan aksi desain grafis. Banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis ini, terlebih lagi orang-orang yang suka dengan desain atau seni.

Dengan ketrampilan desain yang anda miliki, maka anda bisa meraup keuntungan dari client anda. Misalkan tugas desain grafis dari teman, jasa desain kaos, jasa desain website, jasa edit foto dan jasa desain yang lainnya.
  1. Jasa Penerjemah
Contoh bisnis mahasiswa yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang sangat cocok bila di jalankan oleh jurusan bahasa baik itu bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa belanda, bahasa mandarin dan bahasa lainnya. Banyak mahasiswa yang telah memulai bisnis sampingan ini karena bisnis ini hanya butuh keterampilan saja dan tentunya tidak membutuhkan modal yang besar.

Jika anda tertarik dengan bisnis sampingan untuk mahasiswa yakni jasa penerjemahan ini, anda bisa menawarkan jasa anda kepada mahasiswa lain yang tentunya berbeda jurusan dengan anda, misalkan saja jurusan IT atau jurusan yang lainnya. Hal ini jelas sangat menguntungkan, karena dengan hanya bermodalkan keterampilan saja, anda sudah bisa mendirikan bisnis kecil anda.
  1. Jasa Printing
Peluang usaha untuk mahasiswa yang satu ini tentu saja banyak sekali orang yang membutuhkan, karena pada dasarnya mahasiswa itu tidak bisa lepas dengan yang namanya tugas atau laporan berupa hard copy. Hal ini adalah kesempatan bagi anda yang mempunyai usaha percetakan atau jasa printing baik print tugas teman sesama mahasiswa anda atau anda juga bisa memberikan jasa print anda kepada orang secara umum.

Jasa print ini bisa anda coba untuk pertama kali di tempat anda tinggal, seperti misalkan di rumah anda, kost atau kontrakan anda. Hanya bermodalkan 1 buah laptop, print dan perlengkapan yang lainnya. Jasa print anda ini bisa untuk awal memulai bisnis anda, siapa tahu saja kelak anda bisa membuka bisnis percetakan yang sangat besar.
  1. Bisnis Kaos
Ide bisnis mahasiswa yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang tentunya menjadi tren bisnis anak muda masa kini, pasalnya sekarang kan lagi musim tuh distro. Nah dalam hal ini adalah kesempatan anda untuk meramaikan bisnis ini juga. Dalam bisnis mahasiswa yang satu ini anda harus menang dalam hal kreatifitas.

Untuk memulai bisnis yang satu ini anda harus mempunyai hubungan dengan tempat konveksi dan tempat sablon. Setelah anda mempunyai hubungan dengan keduanya, kini saatnya anda membuat desain kaos yang paling keren untuk anda jual kepada para pelanggan anda. Semakin keren desain anda, tentu akan semakin banyak orang yang tertarik untuk beli desain kaos anda tersebut.
  1. Jasa Pembuatan Toko Online
Ide binsis untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah sebuah bisnis yang sangat cocok bila di jalankan oleh anak IT. Karena jasa yang di tawarkan ini sangat berhubungan dengan mata kuliah yang mereka pelajari di bidang pemrogramman web. Jasa pembuatan toko online ini sangat ramai di jalankan karena memang peluang usaha mahasiswa mandiri yang satu ini mempunyai keuntungan secara finansial sangat besar.

Saat ini banyak sekali orang yang jualan barang mereka melalui sosial media seperti facebook, twiter, instagram dan sosial media yang lainnya. Tentunya jika kita menjual barang tersebut di toko online dengan tampilan dan engine yang elegan, akan menambah faktor kepercayaan calon pembeli terhadap usaha atau bisnis jualan kita.
  1. Jasa Pengiriman
Peluang bisnis mahasiswa sukses yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang sepertinya bisa memanfaatkan motor anda jika anda mempunyai motor. Nah dengan anda mempunyai motor, tentunya motor tersebut bisa anda manfaatkan untuk bisnis jasa pengiriman barang yang ada di sekitar kampus anda.

Tentu saja bisnis sampingan untuk mahasiswa ini bisa jadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan, karena bisnis seperti ini adalah sebuah bisnis jasa yang tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Akan tetapi dalam menjalankan usaha mahasiswa yang satu ini setidaknya anda harus mempunyai kendaraan dan anda mengenal baik wilayah pengiriman anda.
  1. Jasa Pembuatan Website
Tentunya saat ini trend website sangat besar sekali, karena hampir setiap perusahaan, sekolahan, kampus dan bahkan sekarang ini blog atau website personal juga sangat banyak bertebaran di internet. Dari sini peluang yang bisa kita ambil adalah membuka jasa pembuatan website yang tentunya sangat menguntungkan.

Biasanya bisnis ini bisa di jalankan oleh mahasiswa yang mempunyai jurusan yang berkaitan dengan pembuatan website. Anda bisa menggunakan keterampilan anda dalam mengolah kode PHP atau ASP secara manual atau anda juga bisa menggunakan CMS seperti wordpress untuk membuka bisnis mahasiswa jasa pembuatan website ini. (Baca Juga : Contoh Bisnis Jasa di Bidang IT atau Teknologi)
  1. Jualan Pulsa
Bisnis untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah sebuah bisnis di mana bisa anda jadikan bisnis ini sebagai bisnis pertama anda atau anda juga bisa menjadikan bisnis yang sangat umum ini untuk mulai belajar berbisnis. Dalam menjalankan bisnis yang satu ini tentunya sangat mudah dan juga butuh modal yang sangat kecil.

Banyak orang yang bisnis jualan pulsa ini karena bisnis yang satu ini nampaknya salah satu bisnis yang bisa langsung jalan tergantung tekat anda. Akan tetapi anda harus siap dengan konsekuesinya yakni banyaknya orang yang bayar pulsa belakangan. Jadi sebelum anda memulai bisnis mahasiswa terpopuler ini anda harus menyiapkan strategi agar bisnis anda terus bertahan.
  1. Menjadi Seorang Blogger
Bisnis mahasiswa terbaru yang cukup keren jika di ceritakan ke teman-teman adalah sebuah bisnis yang cukup mudah untuk di jalankan, akan tetapi banyak hal yang harus anda pelajari untuk memulai bisnis yang satu ini. Karena setiap waktu bisnis menjadi seorang blogger ini terus update dengan tantangan yang baru.

Saat ini rupanya banyak orang yang belum mengerti betul manfaat dari blogger itu apa, ternyata seorang blogger itu selain keren menurut saya, ternyata juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blogger. Ada banyak cara monetize blogger itu seperti misalkan saja ikut PPC, pasang iklan atau menjual produk dari blog. (Baca Juga : Tips Agar Usaha Persewaan PlayStation atau PS Menjadi Ramai)
  1. Jasa Servis Laptop
Kemudian jasa mahasiswa yang bisa menghasilkan uang adalah bisnis jasa servis laptop atau perbaikan laptop. Akan tetapi bisnis ini hanya bisa di jalankan oleh orang yang mengerti atau mempunyai keterampilan dalam hal hardware atau software laptop, karena di peluang usaha mahasiswa yang satu ini skill yang di butuhkan.

Dalam menjalankan peluang usaha yang menguntungkan ini, yang anda butuhkan adalah keterampilan hardware dan software kemudian anda juga harus mempunyai peralatan perbaikan seperti misalkan obeng, tang dan alat-alat penting lainnya. Setelah semuanya siap, kini saatnya anda mempromosikan bisnis jasa servis laptop ini kepada teman-teman anda.
  1. Jualan Aplikasi Game
Bisnis mahasiswa yang selanjutnya adalah sebuah bisnis yang berhubungan dengan hobi yakni hobi ngegame. Bisnis mahasiswa yang satu ini bisa anda jalankan apa bila anda mempunyai koleksi game yang sangat banyak baik game android atau pun game PC yang tentu saja banyak sekali peminatnya, terlebih lagi di kalangan mahasiswa.

Anda juga bisa membuka jasa copy game untuk teman-teman mahasiswa anda, semakin koleksi game anda banyak, maka para pelanggan anda akan dapat pilihan yang banyak pula. Hal ini tentu saja akan menjadi nilai plus bagi anda, karena pelayanan terbaik dan harga yang murah banyak di cari orang.
  1. Jualan E-Book
Peluang usaha yang tentunya sangat populer saat ini yakni jualan ebook secaa online sangat banyak di gemari orang. Berbagai ebook yang di jual di internet tentu saja membuat para pelanggan ebook di internet semakin banyak saja.

Di tambah lagi saat ini adalah eranya gadget dan smartphone, tentu saja buku elektronik ini sangat banyak di cari jika di bandingkan dengan buku hard copy yang dulu sempat menjadi tren. Produk ebook yang anda jual sebaiknya adalah hasil karya sendiri yang tentunya bermanfaat bagi para pembacanya.
  1. Bisnis Penitipan dan Perawatan Hewan
Ide usaha mahasiswa yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang memungkinkan anda untuk dapat membantu orang dengan membuka jasa perawatan dan penitipan hewan. Bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini sangat bagus bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang senang dengan dunia hewan.

Biasanya bisnis ini sangat bagus bila di jalankan di area yang cukup luas di karenakan nantinya akan ada banyak sekali hewan yang kita tangani. Tentunya kita tidak bisa menjalankan bisnis ini sendirian, kita juga harus memberdayakan karyawan untuk membangun bisnis mahasiswa ini menjadi lebih besar dan terkenal. (Baca Juga : Peluang Bisnis Kuliner)
Sekian artikel yang membahas tentang bisnis mahasiswa ini, tentunya akan sangat luar biasa apabila kita belum lulus dari sebuah universitas akan tetapi kita sudah mempunyai sebuah bisnis yang sudah berjalan secara sistematis.

Banyak sekali peluang usaha mahasiswa yang ada di luaran sana, tentu saja bisnis-bisnis tersebut akan sangat baik jika di jalankan secara baik dan terkonsep. Biasanya dalam hal ini mental yang berbicara, pada fase pertama pasti anda akan sangat sulit untuk memulai sebuah bisnis, hal ini mungkin karena di fikiran anda sudah terdapat berbagi macam alasan yang membuat anda untuk tidak action dalam bisnis mahasiswa ini.